Sabtu, 30 Januari 2016

WHEN YOU READ!




WHEN YOU READ!
Oleh: Retno Puspitasary

Pagi ini saya sedang mencari sebuah artikel dan tanpa sengaja menemukan sebuah web beralamat www.stilettobook.com yang merupakan web milik penerbit stiletto book. Stiletto itu sendiri merupakan penerbit buku perempuan. Sebuah penerbitan yang mendedikasikan diri untuk menerbitkan naskah-naskah fiksi maupun nonfiksi yang berkaitan dengan dunia perempuan. Ketika saya membuka web site www.stiletto.com  saya membaca sebuah kalimat “ The whole world opened to you. When you read!” Kalau dipikir benar juga kalimat itu, yang terjemahan dalam bahasa indonesianya “Dunia akan terbuka ketika kamu membaca.”

Mungkin sebagian dari teman-teman akan berpikir bagaimana caranya bisa terbuka. Kita kan hanya duduk manis dan melihat buku yang membosankan. Oke baiklah. Namun ada baiknya selesaikan halaman blog ini baru kamu menyimpulkannya.

Teman-teman di sini, pasti memiliki hobi. Apa hobi mu? Apa sih hobi? Hobi adalah aktivitas kesukaan atau kegemaran yang dapat membuatmu lebih bahagia ketika melakukannya. Kalau kamu menanyakan kepada saya “apa hobi mu?” salah satu jawaban yang pasti saya jawab adalah membaca. Entah mengapa saya selalu menjawab itu walaupun saya sendiri tidak mengetahui mulai kapan saya menyukainya. Namun yang saya ingat, pertama kali yang saya membaca dalam hidup saya adalah Iqra 1 dan mengeja dalam Alif (ا), Ba (ب), Ta(ت), Tsa(ث) dan seterusnya sekitar usia 3 tahun yang hanya ikutan-ikutan teman dan kakak saya. Baru kemudian saya membaca ejaan bahasa Indonesia (A B C D E dst) hingga akhirnya saya dapat membaca semua tulisan dalam bahasa arab  di Al-quran dan baru mengetahui arti dalam bahasa Indonesai ketika membaca terjemahannya. Hehehe. Nah, Sadarkah teman teman dari ejaan yang sangat kecil kita dapat membaca konsonan huruf, rangkaian kata, kalimat, paragraf, hingga akhirnya buku.

Dalam al-quran surat al-alaq 1-8 sekaligus wahyu pertama yang disampaikan oleh Malaikat Jibril dan diterima oleh Nabi Muhammad SAW dijelaskan: 

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan (1), Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah (2), Bacalah dan Tuhanmulah Yang Maha mulia (3), Yang mengajarkan (manusia) dengan pena (4), Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya (5), Sekali-kali tidak!Sungguh, manusia itu benar-benar melampaui batas (6), Apabila melihat dirinya serba cukup (7), Sungguh, hanya kepada Tuhanmulah tempat kembali(mu)(8).”

Sekarang ini, banyak sekali buku yang telah ditulis oleh penulis-penulis hebat. Tidak hanya buku, bahkan ada antologi, novel, ensiklopedi, komik, dan lain-lain. Tidakkah kamu penasaran isi dalamnya? Hehehe. Tidakah kamu ingin mengupas bahkan menguliti isi dalamnya? Hehehe. Eh, memangnya daging atau buah yah dikupas dan dikuliti segala. Wkwkwkw

Kalau teman-teman menanyakan kepada saya bacaan apa yang paling disukai, mungkin saya akan menjawab novel. Saya pertama kali menyukai novel ketika saya duduk di bangku SMA Kelas X. Mungkin, teman-teman di sini ada yang bertanya sejenis apa sih novel itu? Novel dalam bahasa inggris berasal dari bahasa Itali novella, dalam bahasa Jerman novelle berarti sebuah barang baru yang kecil dan diartikan sebagai cerita pendek dalam bentuk prosa. Dewasa ini istilah novella dan novelle mengandung pengertian yang sama dengan istilah Indonesia novelet (Inggris :novelette ) yang berarti sebuah karya prosa fiksi yang tidak terlalu panjang namun juga tidak terlalu pendek. Novel merupakan bentuk karya sastra yang paling populer di dunia. Bentuk sastra ini paling beredar, karena daya komunikasinya yang luas pada masyarakat.
 
Penyebab utama saya menyukai novel dan buku lainnya adalah karena perpustakaan sekolah saya. Mengapa? Karena di sekolah saya tepatnya di SMA N 2 Cibinong, di zaman saya masih kelas X ada jam mata pelajaran untuk kunjungan ke perpustakaan. Di pertemuan awal kunjungan di jam tersebut, saya tidak tertarik untuk melihat koleksi perpustakaan. Namun, lama kelamaan saya dan teman-teman penasaran dengan koleksi perpustakaan. Hingga akhirnya di suatu kunjungan yang kesekian kalinya  mata dan jemari saya  berhenti pada sebuah judul novel berjudul Di Serambi Mekah karya Tasaro. Novel ini menceritakan tentang Aceh. Aceh yang diusahakan bersudut pandang netral, tidak memihak pemerintah ataupun GAM (Gerakan Aceh Merdeka), Hingga Tsunami yang menerjang aceh tahun 2004. Serta cerita persahabatan antara Maru dan Samu. Mungkin dari novel pertama yang saya pinjam di perpustakaan sekolah inilah yang membuat saya kecanduan membaca buku, novel, antologi, motivasi dan lainnya.

Usai membaca novel ini saya pun melanjutkan ke peminjaman novel dan buku selanjutnya. Bahkan khawatir saya akan lupa buku apa saja yang pernah saya baca, saya sampai membuat daftar buku dan novel yang pernah saya baca di Sekolah Menengah Atas ini selama 3 tahun saya belajar. Dan kalau di total kurang lebih ada 23 buah buku yang telah saya baca disini.


Gambar di ambil dari catatan saya dari tahun 2007

Buku, filsafat, novel dan buku motivasi yang pernah saya baca di atas merupakan karya penulis yang telah dikenal masyarakat maupun yang belum dikenal oleh masyarakat. Bagi saya yang baru pemula membaca, menurut saya jumlah tersebut fantastis. Kalau di masa sekolah biasanya meminjam novel kepada perpustakaan atau teman, Alhamdulillah saat ini saya telah memiliki koleksi buku dan novel sendiri.
Harapan saya semoga saya dapat terus menambah koleksi buku-buku yang lain bahkan koleksi dari penerbit @stiletto dan mempunyai tempat tersendiri untuk menyimpan koleksi-koleksi tersebut.


 

Gambar diambil dari koleksi buku saya

Belajar dari cerita pribadi saya yang menyukai membaca karena novel yang saya pinjam di perpustakaan mengajarkan saya untuk berbagi kepada teman-teman terdekat saya untuk  meminjamkan buku kepada mereka agar menggemari membaca.

Harapan saya untuk pemerintah, program membaca atau kunjungan ke perpustakaan di sekolah-sekolah diselenggarakan kembali. Paling tidak ada jadwal kunjungan ke perpustakaan sekolah satu jam dalam satu minggu. Selain itu, saya harap koleksi buku-buku di sekolah lebih ditingkatkan kembali. Jadi tidak hanya buku-buku sekolah, filsafat, atau ensiklopedi saja tetapi juga ada buku-buku yang lainnya agar mengundang kunjungan siswa ke perpustakaan. Tentang penyebaran virus membaca di masyarakat dengan pengadaan mobil perpustakaan keliling ada baiknya di tambah  jumlahnya dan dibuat program khusus untuk masyarakat agar mengunjungi mobil-mobil tersebut dan mengundangnya untuk membaca buku.
Sejak tadi, kita telah berbicara banyak tentang membaca. Manfaatnya sendiri apa sih?
  1. Gemar membaca bisa melindungi otak Kamu dari penyakit Alzheimer, mengurangi tingkat stres, mendorong pikiran positif dan memperkuat persahabatan.
  2. Memberikan kekuatan bagi memori.
  3. Membuat latihan fisik bertahan lebih lama.
  4. Menjaga keremajaan otak.
  5. Menghilangkan stres.
  6. Meningkatkan kosakata.
  7. Meningkatkan empati
  8. Mendorong tujuan hidup.
  9. Membantu Anda merasa lebih terhubung
  10. Mencerahkan hari Anda.
Nah, banyak sekali bukan manfaatnya. Yuk kita baca. Dengan membaca daya ingatmu akan bertambah sama seperti perumusan ini. Hehehe.

P = W/t
Daya Ingat Otak (Power) = Usaha Membaca (Work)/ Waktu(Time)



Akhir kata, semoga tulisan ini dapat memotivasi teman-teman untuk membaca,
Sekian

Kritik, saran dan tanggapan dari tulisan ini dapat teman-teman sampaikan di kolom komentar. Terima kasih.

Referensi
Al-quran dan Terjemahan
Kumala.Tikah.2013 http://tikahkumala.com/2013/03/penerbit-stiletto-book-kirim-naskah.html diakses pada 29 Januari 2016 pukul 10:36 WIB
2013. http://www.readersdigest.co.id/info-medis/ diakses pada 30 januari 02:58 WIB

Nama lengkap  : Retno Puspitasary 
Alamat email   :retno.p09@gmail.com 
Blog                 :retnonoe.blogspot.co.id 
Facebook         :Retno Puspitasary 
Twitter             :@RetnoPuspitasry

 


3 komentar:

  1. Hello salam kenal. Meninggalkan jejak kata telah bertandang disini. Rumah kata yg menyenangkan. Selamat berkata2 slalu

    BalasHapus